Subscribe:

Tata Cara Naik Pesawat Terbang

 


Kedengarannya sepele, namun bagi yang belum pernah dan akan memulai penerbangannya yang pertama kali pasti mengalami kebingungan dan tanda tanya besar bagaimana cara atau langkah-langkah mulai dari beli tiket hingga naik pesawat tanpa salah langkah atau terlihat kikuk.

Langkah-langkah naik pesawat:
1. Pertama kali yg harus diperhatikan adalah kamu mau naik pesawat  pada tanggal berapa, hari apa dan jam berapa serta ke daerah mana. Jangan sampai  kamu beli tiket yang gak sesuai dengan jadwal kegiatan kamu. Jam keberangkatan setiap armada pesawat berbeda-beda dengan harga yang berubah setiap menitnya. Semakin mendekati hari H keberangkatan, harga tiket semakin mahal. Misalkan kegiatan hari Sabtu tanggal 24 September jam 13.00 WITA di Balikpapan. So, tentukan deh kamu mau berangkat hari sabtu paginya atau hari jum’at.

2.  Menghubungi agent untuk memesan tiket.
Selain melalui agent, bisa juga secara online. kalau aku seringnya menghubungi lewat telp agent tiket pesawat.  cukup dengan menghubungi no.telp agent tersebut, lalu tanyakan missal ingin berangkat sabtu pagi, jadi tanyakan hari sabtu tanggal 24 sept keberangkatan pagi dengan armada apa saja missal Garuda, Merpati, Lion Air, Batavia Air, atau lainnya. Jam berapa saja, dan harganya berapa saja. Dari list yang disebutkan pilih yang sesuai dengan jadwal kegiatan (jangan mepet waktunya ya coz kadang suka delay-penerbangan tertunda), dan sesuai dg budget yang kamu punya. Ohya bila sudah pasti jadwal kepulangan beli juga tiket kepulangannya..

3. Setelah memesan tiket dan tiket telah diterima, lihat lagi jadwal yang tertera pada tiket apakah sesuai dengan yg kamu pesan. Liat pula tempat keberangkatannya di terminal berapa (yang dilingkari merah).

Tiket Pesawat
Di Bandara Soekarno Hatta terdapat  3 terminal yaitu:
Terminal 1
Terminal 1 merupakan terminal penerbangan domestik yang dibagi menjadi tiga sub terminal yaitu:
  • Terminal 1A: Lion Air dan Wings Air.
  • Terminal 1B: Lion Air (tujuan Sumatera), Sriwijaya Air, Kartika Airlines, dan Express Air.
  • Terminal 1C: Batavia Air, Garuda Citilink, dan Airfast Indonesia.
Terminal 2
Terminal 2 juga dibagi menjadi tiga sub terminal, yaitu:
  • Terminal 2D: khusus penerbangan internasional oleh Air Asia, Air China, Batavia Air, Cathat Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Mandala Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Valuair, dan Yemenia.
  • Terminal 2E: khusus penerbangan internasional oleh Garuda Indonesia, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air, dan Royal Brunei.
  • Terminal 2F: penerbangan domestik oleh Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara.
Terminal 3
Terminal 3 merupakan terminal baru dan digunakan oleh maskapai Indonesia Air Asia dan Mandala Airlines untuk penerbangan domestik

4. Keberangkatan
Nah ini dia yang ditunggu-tunggu d’ first time on a plane… pastikan seluruh keperluan terbawa termasuk visa, passport (bagi yg ke luar negeri), KTP, dan tiket.
Sebaiknya tiba di bandara 1,5 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan dikarenakan ada beberapa prosedur yang harus dijalankan serta menghindari hal-hal yg tidak diinginkan yg dapat menyita waktu.
Tujulah terminal yang tercantum dalam tiket. Lalu masuk melalui pintu keberangkatan(Boarding Lounge) dengan menunjukkan tiket kepada petugas.
Boarding Lounge Terminal 1A




Boarding Lounge
5. Berjalanlah menuju X-Ray dan letakkan barang bawaan kamu di atasnya, dan ambil kotak yang tersedia di dekat mesin untuk tempat handphone. Gunanya untuk memeriksa barang-barang bawaan penumpang.
X-Ray
X-Ray
Sedangkan untuk pemeriksaan penumpang dilakukan dg menggunakan metal detector seperti gapura berikut ini.
airport metal detector
Berjalanlah melewatinya, bila sensornya berbunyi dan ada petugas yang mendekati dan memeriksa secara manual (meraba-raba), jangan khawatir karena lelaki akan diperiksa oleh lelaki dan perempuan akan diperiksa oleh perempuan, dan itu bagian dari prosedur keamanan.
Oke, lanjut… berjalanlah menuju tempat check-in atau pelaporan yang ditandai dengan deretan meja dan layar komputer. Fungsinya untuk menukarkan tiket kamu dengan boarding pass (nomor kursi).
Check In
Serahkan tiket dan KTP kamu ke petugas, dan bilang tanpa bagasi bila barang bawaanmu tidak kamu titipkan ke bagasi. Namun, bila barang bawaanmu berat seperti koper dll yg berkilo2, so titipin aja ya, ntar kamu dikasih no. bagasi, yang nantinya kamu cocokkin saat tiba di bandara tujuan.
Boarding Passs berisikan dari dan tujuan penerbangan, no. penerbangan, tanggal dan waktu keberangkatan, dan no. kursi.
SEAT: menandakan no.kursi kamu, misal no. 15E. Satu no kursi ada beberapa seri misal 6 seri yaitu A,B,C,D,E,F.
Boarding Pass
Berikut adalah tampilan no. seat/kursi di dalam pesawat
Setelah dapat no. kursi dan bagasi melangkahlah menuju tempat pembayaran tax (pajak). Di bandara SOETTA pajaknya 40.000 rupiah.

Airport Tax
Kemudian tanyakan ruang tunggu kamu di mana. Setelah bayar tax, masuklah ke ruang tunggu, misal di ruang tunggu A5. maka cari ruang tunggu A5. di sana lah kamu menunggu hingga petugas memberikan informasi keberangkatan  dan melalui pintu mana. Didengar kan baik-baik ya… Tips, bertanyalah pada penumpang kiri-kanan kamu, cari deh yg satu tujuan dengan kamu sehingga kamu tinggal mengikutinya saja^_^
Boarding Gate
Boarding Gate ini fungsinya sebagai ruang tunggu. Semoga gak kena delay ya..  agar tidak bosan disarankan bawa  buku bacaan atau berjelajah di dunia internet...
Bagaimana Sob ? sudah dapat gambaran kan? so, Selamat Terbang.
***sumber : zefatsani.wordpress.com

Bonus : Peluang Usaha Mudah dan Menguntungkan.
!--FB COMMENT-->
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Bisa di share nieh pengalaman brother dan sister tentang naik pesawat terbang untuk peryama kalinya.. :-D . silahkan. :-)

    BalasHapus